Obat Panas Dalam Alami dan Apotik

Obat Panas Dalam Alami dan Apotik

Ada berbagai macam obat panas dalam yang bisa diperoleh di apotik. Berikut adalah jenis obat panas dalam di apotek untuk mengatasi gejala panas dalam.

1. Obat Pereda Nyeri

Dikutip dari jurnal Worldwide Comparison of Treatment Guidelines for Sore Throat oleh Gra├ža Coutinho (Visit artikelfarmasi), obat pereda nyeri dan antipiretik, seperti asetaminofen (parasetamol) dan NSAID (ibuprofen, aspirin, dan lain-lain) adalah jenis obat-obatan yang biasa digunakan ketika sakit dan radang tenggorokan.
Obat pereda nyeri ini bisa mengurangi gejala sakit yang ditimbulkan pada bagian tenggorokan serta memiliki sifat antipiretik yang bisa menurunkan demam ringan yang biasanya menyertainya.

2. Obat Antibiotik

Jika panas dalam disebabkan oleh infeksi bakteri tertentu, cobalah untuk mengonsumsi antibiotik, seperti penisilin, amoxicillin, ampicillin, dan lain-lain. Obat antibiotik dapat berfungsi untuk mengatasi bakteri penyebab kondisi panas dalam serta menghambat pertumbuhannya.

3. Obat Anestesi Lokal

Menurut National Institutes of Health dalam Chloraseptic Sore Throat Kids Grape, semprotan tenggorokan bius lokal digunakan untuk meredakan rasa nyeri pada bagian tenggorokan. Obat ini biasanya digunakan untuk anak-anak di atas 3 tahun hingga orang dewasa.

Obat ini pada umumnya tidak boleh digunakan selama dua hari karena bisa mengakibatkan gangguan kesehatan tertentu, terutama pada bagian tenggorokan. Jenis obat bius lokal lainnya, seperti benzocaine bisa digunakan untuk mematikan reseptor saraf yang biasanya mengirimkan rasa nyeri. Obat ini juga bisa mengatasi sariawan yang merupakan gejala yang biasa timbul saat panas dalam.

4. Obat Pelega Tenggorokan

Obat pelega tenggorokan juga bisa menjadi salah satu pilihan obat panas dalam di apotik. Obat ini biasanya mengandung bahan alami, seperti menthol dan licorice yang bisa meredakan rasa sakit dan gatal pada tenggorokan. Namun, perlu diingat bahwa obat pelega tenggorokan pada umumnya hanya bersifat sementara serta tidak bisa menyembuhkan sakit tenggorokan secara sepenuhnya.

5. Obat Antihistamin dan Tetesan Post-Nasal

Apabila panas dalam disebabkan oleh alergi tertentu, penderita mungkin bisa mencoba obat antihistamin, seperti seperti Benadryl atau Claritin. Obat-obatan ini bisa mengurangi produsi lendir selama serangan alergi terjadi.
Penderita juga bisa memberikan tetesan postnasal untuk memberikan efek yang lega pada saluran pernapasan.

6. Obat Penyakit Asam Lambung

Panas dalam bisa disebabkan oleh asam lambung. Asam lambung yang naik bisa mengiritasi tenggorokan dan memberikan sensasi terbakar pada bagian dada.Kondisi tersebut bisa diatasi dengan pemberian obat-obat tertentu, seperti antasida, H2 blocker, inhibitor pompa proton untuk mengobati produksi asam lambung yang menyebabkan sakit tenggorokan.

Obat Panas Dalam Alami

Pada umumnya, panas di dalam sanggup hilang bersama dengan sendirinya dan sanggup pulih bersama dengan cepat gunakan penyembuhan rumahan yang gunakan obat panas di dalam alami. Berikut adalah tipe obat panas di dalam alami yang efektif kurangi gejala:

  1. Kumur air garam untuk menghalau rasa sakit, mengencerkan lendir, dan juga kurangi peradangan terhadap bagian tenggorokan.
  2. Minuman dan makanan hangat, seperti air hangat, teh lemon hangat, dan sup hangat sanggup menenangkan bagian yang terasa sakit dan juga mengimbuhkan rasa lega terhadap penderita panas dalam.
  3. Madu sanggup jadi obat untuk meredakan gejala batuk dan juga rasa tidak nyaman terhadap bagian tenggorokan. Madu juga berwujud antioksidan dan antimikroba yang sanggup menopang melawan bakteri.
  4. Sumber vitamin C, seperti jeruk, lemon, dan lain-lain yang sanggup meningkatkan proses imun tubuh di dalam melawan penyakit. Hindari mengonsumsi ini bila panas di dalam disebabkan oleh GERD.
  5. Panas di dalam merupakan situasi yang terhadap kebanyakan sanggup pulih tanpa penyembuhan medis. Namun, kecuali obat panas dalam, baik medis dan alami tidak sanggup menopang menangani gejala, segera periksakan diri ke dokter untuk memperoleh penanganan medis yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *